TMMD mampu mewadahi Aspirasi dan kepentingan Masyarakat dalam giat Non Fisik Penyuluhan Tentang HIV/AIDS

  • Whatsapp

BATANG, Kalselpos.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Batang kembali memberikan penyuluhan sebagai kegiatan sasaran Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-103 Kodim 0736/Batang  dengan materi penyakit HIV/AIDS sebagai Nara sumber  H.Mudhofir S.Ip Sekertaris KPA (Komisi Penanggulangan Aids), di Kediaman Kepala Dusun Durenombo Kafrudin (55) Rt .03/02 Desa Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Kamis ( 01/11/2018 )

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Warga masyarakat Desa Durenombo  dan Ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga)Perangkat Desa Durenombo serta Tim VCT dari Puskesmas Subah  yang di pimpin oleh Dr.Hendaris Nani dan di bantu timya antara lain ; Ika V Nisa Amd Analis Laborat,Agus M Amd Keperawatan, Dian K. Amd Kebidanan

Dalam penyuluhannya H.Mudhofir S.Ip Sekertaris KPA memaparkan, “Sebagian besar masyarakat banyak yang tidak mengetahui tentang penyakit HIV/AIDS, karena masyarakat hanya mengetahui bahwa HIV/AIDS adalah penyakit kutukan Tuhan dan gejala yang timbul pada penderita HIV/AIDS sangat cepat, serta membuat penderitanya meninggal dunia”. Ungkapnya.

Sesuai data sampai bulan September 2018 yang lalu  di wilayah Kabupaten Batang  untuk  HIV dan AIDS sudah mencapai 1.015 Orang.
“Dan mereka juga beranggapan bahwa penyakit HIV/AIDS adalah penyakit yang kotor, menjijikan dan mematikan, penyakit dapat ditularkan melalui pakaian, kursi yang pernah diduduki oleh penderita HIV/AIDS, dan bersentuhan dengan penderita”, tambahnya.

“Penyuluhan ini merupakan salah satu Metode yang digunakan dalam memberikan pengetahuan tentang HIV/AIDS yang dapat mendorong seseorang meningkatkan sikap positif pada penderita. Dan tujuan diadakan penyuluhan adalah : agar ibu-ibu yang mengikuti penyuluhan ini dapat melakukan komunikasi informasi yang tersalurkan dan dapat mengambil atau membuat keputusan yang baik dan benar”, pungkasnya.

Sementara itu, Kapten Arhanud Andi Aan Kunaefi  sebagai Dan SSK Satgas TMMD Reg ke 103 Kodim 0736/ Batang yang mewakili Dansatgas , Menyampaikan dalam sambutanya Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementerian, pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat,“Kami harap TMMD mampu mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, Sehingga TNI selalu mencintai dan dicintai oleh rakyat,”Harapnya.

Penulis : Amin/Rel
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.