Kodim Kandangan ajak Warga jadi Pelopor Anti Narkoba

Penyuluhan bahaya narkoba jadi sasaran non fisik TMMD ke 103 Kodim 1003/ Kandangan

KANDANGAN,Kalselpos.com-Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) tak hanya diperkotaan, namun juga sudah  merambah hingga kedesa-desa. Pemberian pemahaman akan bahaya narkoba kepada masyarakat tentu saja harus terus dilakukan sehingga masyarakat bisa lebih mengetahui dampak negatifnya.

Atas dasar itu   pada TMMD ke-103 tahun 2018 Kodim 1003/ Kandangan bekerja sama dengan Polres Hulu Sungai Selatan melaksanakan penyuluhan Anti Narkoba kepada masyarakat Desa Malilingin Kecamatan Padang Batung (HSS). Kegiatan penyuluhan tersebut mengambil  tempat di SMP 4 Malilingin pada Kamis (25/10) pukul 16.00 Wita.

Bacaan Lainnya

Dandim 1003 /Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto,S.E. melalui Dan SSK TMMD Kapten Arh Zaenal N menyampaikan bahwa penyuluhan anti narkoba ini merupakan program kerja sasaran non fisik dalam TMMD KE-103 TA .2018 Kodim 1003/Kandangan.

Disampaikannya, nara sumber yang pihaknya hadirkan dengan dari Polres Hulu Sungai Selatan. Disampaikannya, masyarakat  sangat antusias mengikuti penyuluhan, hal ini terlihat dari jumlah warga yang hadir mencapai ratusan orang lebih. Ditambahkannya, dilaksanakannya penyuluhan anti narkoba ini  perlu dilakukan karena bahaya narkoba sangat besar bagi masyarakat.

“Dengan adanya penyuluhan ini masyarakat, pemuda-pemudi dan tokoh masyarakat menjadi tahu tentang jenis maupun bahaya narkoba sehingga mereka akan menjauhi narkoba, serta menjadi pelopor di lingkungannya dalam pemberantasan narkoba,”ujarnya. Sementara itu pihaknya berharap setelah dilakukan penyuluhan ini maka masyarakat dapat memahami tetang bahaya narkoba sehingga tidak terjerumus mengkonsumsi narkoba.

Sementata itu Kasat Narkoba Polres HSS AKP Edi Yulianto, SH yang menjadi narasumber dalam kegiatan penyuluhan tersebut menjelaskan tentang pengertian narkoba, golongan narkoba, dampak serta trik menjauhi narkoba agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Pada kesempatan itu AKP Edi mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjauhi segala jenis narkoba, apalagi para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa.‬

Disampaikannya, dampak negatif yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba terhadap generasi muda diantaranya perubahan dalam sikap dan kepribadian, menjadi mudah tersinggung dan cepat marah, sering mengantuk dan malas, tidak memperdulikan kesehatan bahkan bila sudah kecanduan akan melakukan tindak pidana untuk membeli narkoba.‬

Diterangkannya, ‪dalam penanggulangan narkoba tidak hanya menjadi tangggung jawab polri saja tetapi tanggungjawab semua pihak, termasuk orangtua bersama keluarga, guru dan seluruh masyarakat.

“Upaya yang lebih konkrit dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak berwenang untuk melakukan penyuluhan narkoba dan melakukan razia secara rutin. Yang tak kalah penting adalah dengan memberikan pendidikan moral dan keagamaan, karena salah satu penyebab generasi muda terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan,” pungkas AKP Edi Yulianto.

Penulis : Rel
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : S.A. Lingga

Pos terkait