BPBD Batang Gelar Sosialisasi Kebencanaan di Lokasi TMMD

  • Whatsapp

BATANG, kalselpos.com – BPBD Kabupaten Batang tidak mau ketinggalan mensukseskan kegiatan Non Fisik TMMD Reguler 103 di Desa Durenombo Kecamatan Subah. Materi sosialisasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal), diberikan di teras samping rumah Kadus Durenombo, Fachrudin (53). Selasa (30/10/18).

Pihak Kodim 0736 Batang tidak mau setengah-setengah dalam membangun desa sasarannya, sehingga menggandeng BPBD atas restu dari Bupati Batang, H. Wihaji, S.Ag. Sebagai narasumber adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Ulul Azmi, Ap, M.M. Dirinya menyampaikan, bahwa pihaknya akan terus memperkuat kelembagaannya serta menyiapkan dan melatih personel yang andal dalam penanganan bencana.

Dikatakannya, “Masyarakat Durenombo dan sekitarnya kita kenalkan tentang berbagai aspek bencana. Dari mulai apa itu dan jenis-jenis bencana, konsep kejadian, pemberitahuan bencana, analisis bencana di Kabupaten Batang, penanggulangannya, cara mengenalinya serta mengurangi resiko dari bencana itu sendiri. Tugas dan fungsi relawan dalam penanggulangan bencana juga kita sosialisasikan,” ungkapnya menjelaskan.

Diharapkan melalui penyuluhan tersebut masyarakat akan mengetahui apa yang harus dikerjakan dan dihindari apabila terjadi bencana khususnya di Durenombo yang morfologi wilayahnya terletak di daerah perbukitan yang identik dengan longsor disaat musim penghujan.

“Jadi masyarakat disini tidak perlu khawatir jika terjadi bencana alam, seperti potensi erupsi gunung berapi, tanah longsor maupun gempa bumi. BPBD dan Kodim Batang akan selalu siap membantu penanganan di garis terdepan jika bencal itu terjadi.” imbuhnya.

Ia juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada puluhan masyarakat setempat atas antusiasnya dalam mengikuti dan mendengarkan arahan. Acara dilanjutkan dengan penyuluhan kehutanan dari Perhutani KPH Pekalongan. Nampak Hadir mendampingi, Danki SSK, Kapten Arhanud Andi Aan dan Kepala Urusan Keuangan Desa, Ki Dalang Suprayitno (50). (spj)

 

Penulis : Musthafa/ Rel
Editor : Aprie
Penanggung Jawab : S.A. Lingga

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.