Kaum Hawa Bantu Anggota TNI Selesaikan Pengerjaan Jalan

BATANG, Kalselpos.com – Puluhan anggota TNI bersama warga Desa Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang, sibuk bekerja membangun jalan tembus ke Dukuh Durensari. Tak hanya kaum adam, bahkan ibu-ibu rumah tangga pun ikut berjibaku membantu pelaksanaan pembangunan tersebut.

Meskipun harus meninggalkan keluarga untuk membantu anggota TNI, beberapa ibu-ibu desa tersebut tetap semangat. Diketahui, di Desa Durenombo merupakan sasaran program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-103 yang dilaksanakan oleh Kodim 0736 Batang.

Bacaan Lainnya

Dengan pendanaan dari APBD Provinsi Jateng sebesar Rp 434 juta lebih, dengan sasaran pembangunan jalan sepanjang 2,3 kilometer dan pembangunan fisik lainnya. Taruna (41) satu di antara ibu-ibu yang ikut membantu pengerjaan pembangunan, menuturkan, ia secara sukarela membantu pengerjaan jalan di desanya.

“Kalau pagi saya siapkan semua kebutuhan keluarga termasuk anak-anak, dan saat semuanya sudah siap, saya berangkat ke lokasi pengerjaan jalan,” katanya, Kamis (25/10). Baginya membantu dalam pembangunan desa, menjadi kewajiban walaupun ada tanggung jawab terhadap keluarga.

“Harus membagi waktu bukan permasalahan bagi saya. Selama ini, jalan penghubung Dukuh Durensari ke Dukuh Durenombo di Desa Durenombo belum terjamah oleh pembangunan, dan kondisinya sangat menyusahkan warga, karena jalan berupa bebatuan bercampur tanah merah,” paparnya.

Taruna menuturkan, kondisi semakin bertambah parah saat hujan, karena jalan tersebut menjadi licin, bahkan tak jarang warga jadi korban saat melintas karena terjatuh. “Jalan ini merupakan akses utama, jika kami ingin menjual hasil ladang ke pasar, baik di Pecalungan ataupun Pasar Subah,” jelasnya.

Sementara itu, Letkol Inf Idang selaku Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi Program TMMD dari Kodam IV Diponegoro, menjelaskan pembangunan dilakukan dengan tujuan mensejahterakan masyarakat. “Jika akses jalan bagus, akan memperlancar jalur perekonomian warga, hingga kini beberapa sasaran fisik yang tengah dibangun progresnya berjalan baik,” tambahnya.

Penulis : Amin/Rel
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

 

Pos terkait