Keluh kesah Danuri sebelum rumahnya di bongkar dan terharu saat rumah di bongkar

  • Whatsapp

BATANG, Kalselpos.com – Anggota TNI dari satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0736 Batang mendatangi rumah Danuri 60 th Rt 02 Rw 01 warga Durenombo Kecamatan Subah Kabupaten Batang Jawa Tengah membongkar dan merenovasi kembali rumahnya yang tidak layak huni.

Pembongkaran ini dilakukan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-103 Kodim Batang. Rumah Danuri yang berada di tengah – tengah perkampungan dukuh Gepret yang masuk kategori Rumah Tidak Layak Huni, Kondisinya pun sudah memprihatinkan.

Bacaan Lainnya

Dinding rumah yang terbuat dari kayu sudah lapuk, Atap rumah nampak reot, rapuh dan berlubang. Bahkan dibeberapa sisi kayu penyangga langit-langit sudah tidak ada. Dengan begitu, secara otomatis kediaman Danuri turut mendapat perhatian khusus.

Saat disela – sela kegiatan satgas TMMD Serda Susanto lakukan Komonikasi Sosial (komsos) dengan Danuri di bawah pohon sekitaran halaman rumahnya, Danuri pun tak dapat menyembunyikan raut muka gembira dan terharu mengetahui kediamannya bakal lebih layak dihuni.

“Terima kasih pak tentara, kediaman saya sudah dijadikan sasaran untuk direnovasi. Semoga membawa berkah dan manfaat buat semuanya,” ucap Danuri, Rabu (24/10/18). Penghasilannya sebagai buruh tidak cukup untuk memperbaiki kondisi rumah yang masuk kategori tidak layak huni.

“Penghasilan saya pas-pasan, hanya cukup untuk menghidupi keluarga saja. Tidak ada lagi sisa untuk memperbaiki rumah,” terangnya. Ia mengaku program TMMD memberi dampak yang cukup besar bagi keluarganya. Ia pun mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dandim dan satgas TMMD yang memperbaiki rumahnya.

Satgas TMMD Serda Susanto saat dilokasi bersama Danuri memberikan motivasi dan himbauan agar selalu rendah hati meskipun hampir memiliki rumah yang layak dihuni melalui program TMMD.

“Selalu jaga terus rumahnya agar berkah dan selalu junjung tinggi gotong royong yang ada di wilayah seperti apa yang di lakukan oleh prajurit TNI melalui program TMMD ini.” Imbuhnya

Dandim 0736 Batang selaku Dansatgas TMMD 103 Letkol Kav Henry Judiyanto Napitupulu mengungkapkan, Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang diselenggaran untuk membantu program pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat. Salah satunya membantu warga memiliki rumah yang layak huni.

“Rehab rumah merupakan salah satu pengerjaan fisik, masih banyak program lain yang akan dikerjakan selama TMMD Reguler berlangsung. Kami berharap masyarakat merasakan langsung manfaat dari program ini,” harapnya.

Penulis : Amin/Rel
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.