8 Manfaat Jengkol Yang Coba Diekspose Satgas TMMD Batang

  • Whatsapp

BATANG, Kalselpos.com – Haji Saari (56) kaos hijau topi loreng, penebas jengkol dan jambu biji merah asal Dusun Gepret Rt. 2 Rw. 1 Desa Durenombo Kecamatan Subah. terlihat sedang mengupas kulit jengkol di pinggir salah satu kebun warga yang ditebasnya.

Jengkol tebasan termurah dijualnya seharga 15 ribu rupiah ke Pasar Subah di Jalan Raya Pantura Subah, termahal sampai 80 ribu rupiah/kilogramnya. Dalam satu pohon dihasilkan rata-rata 2-3 kwintal. Keuntungan yang sangat fantastis bagi pemilik dan penebas jengkol. Saat ditanya Sertu Pursugiyanto, anggota Satgas TMMD untuk dipublikasikan ke umum tentang hasil bumi setempat tersebut, Haji Saari juga memaparkan beberapa manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Rabu (24/10/18).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya rinci, 8 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh meliputi : Berperan dalam pembentukan jaringan tubuh, karena mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan kacang hijau dan kedelai.

Mencegah anemia karena kaya akan zat besi. Mencegah osteoporosis sebab mengandung kalsium dan fosfor. Membantu menangkal radikal bebas, pasalnya terkandung vitamin A dan C sebagai antioksidan yang dapat menangkal kanker. Mengatasi penyakit jantung, sifatnya sebagai diuretik dapat melancarkan buang air kecil sehingga baik dikonsumsi penderita. Merampingkan perut dengan adanya kandungan serat yang tinggi di dalamnya.

Mencegah diabetes, asam jengkolat dalam bentuk kristal tidak larut dalam air sehingga dapat mencegah penyakit ini. Dan terakhir adalah mencegah penyempitan pembuluh darah, sakit jantung bisa diminimalkan dengan rutin memakannya, karena kandungan mineralnya akan melebarkan pembuluh darah.

“Jadi, meski menimbulkan bau usai memakannya, jengkol tetap punya banyak penggemar. Supaya baunya hilang, direbus dulu agak lama supaya teksturnya juga empuk saat disantap.” timpalnya.

Penulis : Amin/Rel
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.