Trik Agar Artco Siap Dipaksa Kerja Ekstra “TMMD Batang”

  • Whatsapp

BATANG, Kalselpos.com – Salah satu alat andalan yang digunakan untuk langsir material pembangunan jalan maupun rehab RTLH TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang adalah artco atau gerobak sorong. Namun terkadang alat ini tidak luput dari kerusakan karena dipaksa kerja keras.

“Pecah laher roda Pak, tidak fatal tetapi harus segera kita ganti biar dorongnya tidak berat lagi.” ungkap Danuri (60) wiraswasta Dusun Gepret Rt. 3 Rw. 1 Desa Durenombo, salah satu dari lima penerima bedah rumah. Selasa (23/10/18).

Bacaan Lainnya

Yang dimaksudkan Danuri adalah, salah satu komponen alat beroda yang tidak boleh luput dari perawatan, yaitu bearing atau laher roda, sehingga putaran roda tidak akan berat sebab gaya geseknya terhambat. Fungsinya untuk menjaga agar as tidak langsung bergesekan dengan roda, makanya didesain minim friksi, sehingga dapat menjaga kestabilan putaran ban.

Untuk bearing yang terbuka, sebaiknya diberi pelumas (lubrikasi) agar awet serta tidak mudah rusak, terlebih apabila musim penghujan, dengan tujuan mencegah rembesan air supaya tidak masuk ke celah-celah pelor yang bisa menyebabkan karat. Selain itu, jangan menghantam jalanan rusak/berlubang agar laher awet.

Untuk gejala kerusakan adalah pergerakan roda terasa tidak stabil dikarenakan pelor-pelor yang ada di dalamnya sudah longgar dan tidak presisi lagi. Cara lainnya adalah menggoyang roda ke kanan dan kiri. Jika roda terasa goyang, maka tandanya bearing tersebut sudah rusak, dan mesti segera diganti karena tidak bisa diperbaiki.

Betapa vitalnya gerobak sorong dalam menentukan perkembangan progress TMMD harian, mengingat pembangunan hanya 30 hari. Jalan aspal 2,359 meter lebar 3 meter, telford jalan sepanjang 442 meter lebar serta 5 unit rehab RTLH.

Penulis : Amin/Rel
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.