Dolken Disepakati Menggunakan Bambu “RTLH TMMD Batang”

  • Whatsapp

BATANG, kalselpos.com – Dibandingkan dengan kayu bambu mempunyai suatu keunggulan jika digunakan sebagai bahan bangunan, serat lebih elastis dan sangat kuat menahan beban tekan, tarik dan geser. Untuk itulah material ini digunakan dalam proses merehab lima RTLH warga Desa Durenombo Kecamatan Subah.

Para tukang bangunan Satgas TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang dan tukang setempat menyepakati bahan ini sebagai dolken (tiang penyangga/pantek) serta penahan bekisting (cetakan beton) untuk pengecoran kerangka rumah. Bukan tanpa sebab, disini bambu cukup dan masih ditanam warga setempat di lereng sungai maupun di belakang rumah.

Bacaan Lainnya

Serda Ardi, salah satu anggota Satgas TMMD terlihat mengambil bambu untuk renovasi rumah Sarip (37) alias Buyadi, buruh serabutan asal Dusun Durensari Rt. 3 Rw. 2 Desa Durenombo. Bambu ini akan digunakan sebagai pijakan tukang karena pemasangan batako/concrete block sudah setinggi 2 meter lebih. Minggu (21/10/18).

Rumah Sarip selain masih melanjutkan pemasangan dinding juga mengecor kusen pintu dan jendela, progres di hari Ke-7 mencapai 30 %, cuaca sangat bersahabat guna target pendirian batako. (Aan)

 

Penulis : Musthafa/Rel
Editor : Aprie
Penanggung Jawab : S.A. Lingga

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.