DR H Amka : Orientasi Pendidikan itu Harusnya Humanis

oleh -1.286 views

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Hanya gara-gara tidak memakai seragam pramuka saat masuk sekolah, Jumat 31 Agustus 2018 lalu salah seorang siswa kelas IX di SMPN 6 Banjarmasin dikeluarkan dari sekolah pada saat apel pagi.

Hal itu mendapat respon, dari pemerhati pendidikan DR H Amka MSi mengatakan, pendidikan jangan hanya mengutamakan persoalan kognitif atau berorientasi pada nilai termasuk akademis semata.

Alangkah lebih penting lagi adalah pendidikan sikap dan perilaku karakter. Jadi bila ada anak dianggap salah harus didik, dibina, diarahkan bukan malah sebaliknya dikeluarkan, apakah pihak sekolah tidak memperhatikan dampak masa depannya nanti. Sementara pemerintah memprogramkan pendidikan wajar 12 tahun, ini jelas sangat kontras.

“Prihatin dengan kasus di institusi pendidikan dengan mengeluarkan peserta didik,” ujar Amka kepada Kalselpos.com, Kamis (6/8).

Memang kronologisnya masih belum diketahui secara jelas, jika pihak sekolah memutuskan pasti memiliki alasan. Akan tetapi alasan yang mendasari dengan putusan itu, apakah sudah sesuai atau hanya bentuk otoriter dari pihak sekolah, hal ini patut dijelaskan.