Dispar Kalsel Laksanakan Bimtek Pengembangan Daya Tarik Wisata di Kotabaru

oleh -972 views

KOTABARU, Kalselpos.com – Kabupaten Kotabaru memang kaya akan objek wisata, hanya saja selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal dan optimal. Hal itu dikarenakan belum ada tenaga ahli yang potensial, yang bisa mengembangkan objek wisata di daerah secara maksimal.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Ida Septika Dewi SE MSi, mengatakan Kotabaru adalah salah satu kabupaten yang mempunyai daya tarik wisata sangat luar biasa. Potensi pariwisata di daerah ini, umumnya selain dikelola pemerintah daerah, juga melibatkan masyarakat.

“Melibatkan masyarakat sekitar dalam pengelolaan objek wisata memang perlu, sehingga diharapkan bisa mendongkrak pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Contohnya Pantai Gedambaan, Desa Sarang Tiung, yang kami datangi sekarang ini,” kata Ida Septika Dewi ketika melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata, Minggu (2/9/2018).

Menurutnya, pihaknya berupaya potensi yang ada juga dikelola oleh masyarakat setempat, pemerintah daerah hendaknya mempersiapkan pembangunan sarana dan prasarananya, guna menunjang objek wisata yang ada.

“Kita hanya memberikan masukan dan bimbingan teknis (Bimtek), kedepan tergantung daerah saja, seperti apa pengelolaanya. Tetapi bukan menuntut pemerintah saja, tetapi juga diharapkan kepada masyarakatnya turut berperan aktif,” ujar Ida menjelaskan.