7.000 Peserta Meriahkan Sepeda Nusantara, Diikuti Penyandang Disabilitas, Pelajar dan Umum

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Kota Banjarmasin dinyatakan sebagai salah satu kota dengan peserta sepeda nusantara 2018 terbanyak. Hal ini memang tak berlebihan. Pasalnya, dalam kegiatan di Siring Balai Kota Banjarmasin pada Sabtu (1/9), sekira tujuh ribu peserta terdaftar dalam kegiatan tersebut.

Dari tujuh ribu peserta itu, sebagiannya adalah penyandang disabilitas. Makanya, panitia penyelenggara kegiatan yang dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin, membagi rute sepeda nusantara itu menjadi tiga kategori.

Bacaan Lainnya

Untuk kategori umum, rute yang harus ditempuh pesertanya sejauh 23 km, untuk pelajar sekira 5 km, dan untuk penyandang disabilitas sekitar 3 km.

Pelepasan peserta sepeda nusantara itu, dilakukan langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, bersama Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga Tommy Kurniawan beserta Forkopimda dan para kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin.

Selain disediakan ratusan hadiah. Saat itu juga digelar beberapa kegiatan lain seperti permainan Balogo, Pencak Silat, Tari-tarian dan penyerahan secara simbolis naskah Balogo dari Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina kepada Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga Tommy Kurniawan.

Menurut H Ibnu Sina, kegiatan sepeda nusantara ini selain untuk mendorong minat masyarakat dalam berolahraga sepeda dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap olahraga sebagai bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, juga dalam rangka memeriahkan rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 492.

“Sepeda Nusantara 2018 ini kegiatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dilaksanakan di 34 provinsi dan 137 kabupaten, kota, salah satunya di Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Atas terselenggaranya kegiatan tersebut, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI, yang telah memberikan kepercayaan kepada Kota Banjarmasin sebagai pelaksana kegiatan tersebut untuk kedua kalinya.

Pos terkait