Pemerintah Pusat Anggarkan Perbaikan Jalan Trans Kalimantan, ini Perkiraan Dana yang Diperlukan

PALANGKA RAYA, Kalselpos.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kalimantan Tengah H Shalahuddin ST MT menyebut Pemerintah Pusat di tahun 2019 telah menyediakan anggaran untuk perbaikan jalan trans Kalimantan Poros Tengah, tepatnya di sekitar Desa Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau.

Informasinya anggaran yang akan disediakan Pusat untuk menangani Jalan Bukit Rawi sepanjang 3,1 kilometer itu sekitar Rp60 miliar hingga Rp70 miliar, kata Shalahuddin saat mendampingi Komisi V DPR RI memantau kondisi Jalan Bukit Rawi, Jumat (7/8/2018).

Bacaan Lainnya

“Tapi kami masih terus berjuang agar anggaran yang disediakan sekitar Rp200 miliar untuk tahap pertama, dan Rp150 miliar di tahap kedua. Kan, dana untuk menuntaskan penangan Jalan Bukit Rawi itu diperkirakan Rp350 miliar,” jelasnya.

Meski lebih mengusulkan penanganan Jalan Bukit Rawi dalam bentuk “file slap” atau jalan layang, namun PUPR Kalteng tetap mempersilahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengkajian terkait bentuk yang nantinya digunakan.

Shalahuddin mengatakan, kondisi struktur tanah di Jalan Bukit Rawi hampir sama dengan yang di Pangkoh-Bahaur maupun Tumbang Nusa. Penanganan di Jalan Pangkoh-Bahaur menggunakan bentuk timbunan, namun kondisinya setiap tahun mengalami penurunan, sehingga kurang mampu bertahan lama.

Pos terkait