Zairullah-Maulidiya terpilih sebagai Utuh dan Aluh 2018

oleh -1.051 views
PEMENANG - Zairullah-Maulidiya pemenang pemilihan Utuh dan Aluh 2018 diapit oleh pemenang Utuh dan Aluh 2017.(Sofan)
FINALIS – Para finalis grand final pemilihan Utuh dan Aluh Kabupaten Hulu Sungai Selatan 2018.(Sofan)

Kandangan, Kalselpos.com – Muhammad Zairullah dari MAN 2 Kandangan, dan Maulidiya Ananda dari SMAN 1 Kandangan, keluar sebagai pemenang grand final pemilihan Utuh dan Aluh 2018, yang digelar di panggung terbuka, Dharmansyah Djauhidie, Kota Kandangan, Sabtu (25/8) malam.

Dua pasangan Utuh dan Aluh ini berhasil menyisihkan 10 finalis pesaingnya, yakni Ali Akbar, Alifullah, Iqbal, Syarif, Yusuf, Anisa, Novia Ardana, Nur Syafera, Rezkia Noliati, dan Sita Rizky Nurhidayah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Nordiansyah, mengatakan, pemilihan Utuh dan Aluh untuk mewadahi, menyalurkan dan menumbuhkan motivasi generasi muda, guna melestarikan nilai-nilai budaya daerah.

Selain itu, untuk membekali dan memberikan pengetahuan kepada generasi muda, mengenai keragaman seni dan budaya potensi pariwisata daerah. “Pemilihan Utuh dan Aluh juga untuk membina karakter generasi muda, agar mereka memiliki jati diri, sehingga mampu mengangkat citra positif potensi daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati HSS, Dahnial Kifli, berharap dengan ajang pemilihan Utuh dan Aluh, dapat melestarikan dan mengembangkan budaya daerah. “Melalui duta Utuh dan Aluh, mampu mempromosikan potensi dan wisata di Kabupaten HSS kepada dunia,” ujarnya.

Kifli meminta, ajang pemilihan Utuh dan Aluh, tidak hanya menjadi rutinitas, namun sebagai evaluasi dan perbaikan, sehingga dapat dapat memberikan manfaat terhadap pembangunan di daerah.

Diungkapkannya, seorang penulis kelahiran HSS yang bernama Mira telah menulis sebuah cerpen, yang nantinya akan difilmkan melalui judul jendela seribu sungai. Film ini nanti disutradarai oleh sutradara film laskar pelangi,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Aprie
Penanggung Jawab : S. A. Lingga