Waduh…Udara Landasan Ulin mulai Berbau Asap, Mata Terasa Perih

oleh -704 views
Ilustrasi kebakaran lahan yang menyebabkan kabut asap. (Istimewa)

Banjarmasin, Kalselpos.com – Setidaknya, tiga hari terakhir wilayah Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, mulai merasakan perubahan kualitas udara akibat kabut asap.

Pada sore hari udara di kota itu sudah mulai terasa berbeda, bau menyengat sudah tercium dan mata terasa perih, bila beraktivitas diluar rumah.

“Kalau jalan sore, udaranya terasa sekali berbau asap dan mata sedikit agak perih,” ujar Ismail Marzuki, warga Jalan Golf, Landasan Ulin, Sabtu (25/8).

Dikatakannya, perubahan kondisi udara tersebut diduga akibat kebakaran lahan yang terjadi di wilayah lain. Sehingga di kota itu, juga merasakan dampaknya.

“Kemarin sekitar dua hari lalu, ketika sore saat melintas di jalan Pengalaman arah Bati-bati, Kabupaten Tanah Laut. Saya melihat ada kebakaran lahan di kawasan itu,” ungkapnya.

Dia berharap, kondisi tersebut tidak semakin parah. Apalagi sampai berdampak buruk terhadap kesehatan, apalagi anak-anak.

“Saya sendiri sudah mulai kurang sehat, hidung mulai pilek. Mungkin karena debu, ditambah asap yang mungkin terhirup,” tutupnya.

Penulis : Aspihan Zain
Penanggungjawab : S. A. Lingga