Tim Medis Biddokkes Berikan Layanan Kesehatan pada Tahanan

oleh -347 views
CEK KESEHATAN - Tim medis Dokkes Polda Kalsel memeriksa kesehatan para tahanan, Senin (27/8). (Eddy AY)

Banjarmasin, Kalselpos.com – Demi memastikan kondisi kesehatan para tahanan, tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalimantan Selatan melakukan pemeriksaan rutin terhadap para tahanan yang berada di Rumah Tahanan (Rutan) Dit Tahti Polda Kalsel pada Senin (27/8) pagi.

Pengecekan kesehatan yang dipimpin oleh Karumkit AKBP dr. Bambang P Sp.S memeriksa kesehatan menyeluruh berupa cek Kimia Darah Kolesterol, Asam Urat dan gula darah, mulut dan tenggorokan, pemeriksaan fisik, dan konsultasi kesehatan termasuk keluhan kesehatan para tahanan.

Kabid Dokkes AKBP dr Erwin ZH melalui Paur Doksik Ipda Supriadi Noor, mengatakan selama berada di ruang tahanan, hak-hak para tahanan secara layak dipenuhi. Hak tersebut meliputi hak beribadah, makan dan minum, serta pelayanan kesehatan dan perawatan fisik seperti berolahraga.

“Hak para tahanan akan kami penuhi, secara layak. Semua dilakukan untuk menjamin tingkat kesehatan seluruh tahanan,” ungkap Ipda Supriadi Noor kepada Kalselpos.com, Senin (27/8).

Apabila terdapat tahanan yang merasa sakit atau didapati sakit maka tim medis akan segera melakukan perawatan kesehatan. Jika dianggap perlu perawatan lebih lanjut untuk opname maka akan dirujuk ke rumah sakit.

Selain melakukan pemeriksaan dan pengobatan, tim kesehatan juga mengingatkan agar para penghuni tahanan selalu menjaga kebersihan dan melakukan olahraga agar tidak mengalami sakit.

Dengan penjagaan ketat petugas kepolisian, pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan terhadap 165 orang tahanan yang terdiri dari 153 tahanan laki-laki dan 12 tahanan wanita.

Penulis : Eddy AY
Editor.   : Aprie
Penanggungjawab : S.A Lingga

Facebook Comments