Terbukti Gelapkan Motor, Hakim Vonis 1,8 Tahun

oleh -513 views
VONIS - Terdakwa penggelapan sepeda motor tampak lesu mendengarkan vonis yang dibacakan majelis hakim PN Banjarmasin.(Eddy AY)

Banjarmasin, Kalselpos.com – Terdakwa kasus penggelapan sepeda motor, Aminullah alias Amin, divonis satu tahun delapan bulan penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin, Senin (27/8).

Dalam sidang yang beragendakan putusan tersebut, tampak dihadiri terdakwa Amin dengan menggunakan rompi khas kejaksaan warna orange yang dipadukan dengan peci berkelir.

“Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Aminullah dengan pidana selama satu tahun delapan bulan penjara dikurangkan dengan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa dan diperintahkan agar tetap ditahan,” kata majelis hakim, Eddy Cahyono SH saat membacakan vonis.

Majelis menjelaskan, bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penggelapan melanggar pasal 372 KUHPidana dalam dakwaan pertama.

Hanya saja, tuntutan tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), M. Rifain, yang menuntut terdakwa Amin selama dua tahun penjara.

Perbuatan yang meringankan, bahwa terdakwa belum pernah dihukum dan menyesali perbuatannya. Sedangkan hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat dan perbuatannya merugikan saksi korban, Muhammad Hafizi Noor.

Facebook Comments