Sosialisasi Gratifikasi, Pemkab Banyumas Hadirkan Narasumber KPK

oleh -773 views
Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Gratifikasi Pemkab Banyumas.(Wartaberita.id)

Banyumas, Kalselpos.com – Kegiatan sosialisasi gratifikasi yang digelar oleh Pemkab Banyumas, Jawa Tengah, menghadirkan dua narasumber yang berasal dari Team Leader 1 Direktorat Gratifikasi yaitu Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia, Asep Rahmat dan Anjas Prasetyo.

Kegiatan yang digelar di Aula Bank Jateng Purwokerto, Kamis (30/8/2018), menghadirkan peserta antara lain Bupati dan Forkopimda, Pimpinan dan anggota DPRD, Staf Ahli, Sekda, Asisten, Kepala SKPD, Pimpinan BUMN/BUMD, Kepala Bagian dan Kasubag, Camat dan perwakilan pengusaha Banyumas.

Pejabat (Pj) Bupati Banyumas Budi Wibowo berharap, sosialisasi ini bisa menjadi sarana pencerahan, membangun kesamaan pemahaman, sekaligus komitmen segenap pegawai negeri, pejabat negara dan pengusaha di Kabupaten Banyumas, untuk bersama-sama mencegah, menghindari, dan melawan segala bentuk tindak pidana korupsi, termasuk di dalamnya gratifikasi.

“Tindak pidana korupsi (tipikor) tidak hanya merugikan keuangan negara, tetapi juga telah membawa berdampak masif seperti efek domino yang berantai pada sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, baik pada bidang ekonomi, sosial, politik/demokrasi, akhlak dan moral, hukum, kode etik profesi, budaya, pajak, sumber daya manusia, dan lainnya,” kata Pj Bupati.

Pj Bupati juga menyampaikan bahwa dalam rangka pencegahan korupsi/gratifikasi, Pemerintah Kabupaten Banyumas telah membuat kebijakan dengan Peraturan Bupati Banyumas Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas.

“Peraturan tersebut dibuat dengan pertimbangan bahwa penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Banyumas perlu dikelola untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme,” kata Budi Wibowo.