Sekarang Usia 16 Tahun Bisa Rekam E-KTP

oleh -531 views
PEREKAMAN - Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten HSS memberikan pelayanan perekaman e-KTP
PELAYANAN – Warga sedang mengurus data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten HSS. (Sofan)

Kandangan, Kalselpos.com – Bagi masyarakat yang sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berusia minimal 16 tahun, bisa melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). “Tidak usah menunggu usia 17 tahun, minimal 16 tahun masyarakat sudah bisa melakukan perekaman e-KTP,” ujar Sekretaris, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Rachmat, Kamis (23/8).

Dijelaskan Rachmat, masyarakat yang usianya 16 tahun, syaratnya perekaman NIK masih unregistered atau masih keadaan kosong dari data perekaman.

Setelah melakukan perekaman, kata Rachmat, maka status NIK berubah menjadi bio captured atau telah terisi dan berubah menjadi processing, yang bisa dilanjutkan ke tahapan selanjutnya.

“Setelah data direkam dikirim ke center pusat data Kemendagri, yang proses pengiriman datanya, tergantung dari kelancaran jalur server daerah ke server pusat,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Rachmat, data yang telah dikirim dan sudah sampai di pusat, akan di proses. ‘Jika data-data yang dikirim  tidak mengalami hambatan, data siap untuk di cetak dengan status print ready record,’ ujarnya.

Namun, untuk pencetakan e-KTP akan dilakukan saat usia cetak sudah memasuki 17 tahun, sesuai dengan wajib e-KTP. “Jadi, pas usia 17 baru e-KTP akan dicetak,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Aprie
Penggung Jawab :  S. A. Lingga