Rawan, Karhutla di HSS sudah mencapai 153 Hektar lebih

oleh -394 views
SIMULASI- Tim terpadu pencegahan dan penanggulangan karhutla melakukan simulasi pemadaman api (Sofan)

Kandangan, Kalselpos.com – Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) April hingga Juli 2018, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah mencapai 153 hektar lebih.

“Berdasarkan data, karhutla terjadi di delapan kecamatan,” ujar Kepala Bidang, Kedaruratan Logistik Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik, Kabupaten HSS, Nur Abdi, Selasa (28/8).

Dikatakannya, wilayah-wilayah yang terjadi karhutla tersebut, yakni Daha Selatan, Daha Utara, Daha Barat, Kandangan, Loksado, Padang Batung, Angkinang dan Sungai Raya.

Sampai saat ini, kata Abdi, pihaknya terus melakukan pemantauan titik api, dan jika terjadi kebakaran pihaknya langsung turun kelapangan untuk memadamkannya, bersama TNI/ Polri, BPK, PT AGM dan PT SAM.

“Pemadaman karhutla dilakukan menggunakan mesin portable, mesin apung dan mesin jinjing,” ujarnya.

Namun, jika titik api tidak bisa dijangkau, maka dilaporkan kepada pihak Provinsi Kalsel, sehingga bisa dipadamkan dengan menggunakan water bombing. “Wilayah-wilayah yang sulit dijangkau kalau terjadi karhutla, adalah wilayah Negara yang berbatasan dengan kabupaten tetangga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik, Kabupaten HSS, Suriadi, mengatakan, untuk mencegah terjadi karhutla, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait.

“Kita juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, hingga mengeluarkan surat edaran pencegahan karhutla di Kabupaten HSS,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Aprie
Penanggung Jawab : S. A. Lingga