Permen Inilah Penyebab Puluhan Pelajar SD Karawang Keracunan

Ilustrasi korban keracunan. (Istimewa/Antara)

Karawang, Kalselpos.com – Puluhan pelajar Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami pusing, mual hingga muntah-muntah diduga keracunan setelah mengkonsumsi jajanan sejenis permen stik, Senin (27/8).

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Karawang AKBP M Julian, di Karawang mengatakan anggota langsung datang ke lokasi untuk memeriksa kandungan permen, karena dikhawatirkan mengandung bahan adiktif sejenis narkoba.

Bacaan Lainnya

Informasi yang berhasil dihimpun, permen stik yang mengakibatkan para pelajar mengalami pusing, mual dan muntah itu diperoleh dari tukang jajanan di kantin sekolah mereka.

“Kami langsung merespon laporan dan memeriksa kandungan permen itu. Para siswa juga langsung dibawa ke puskesmas untuk mendapat perawatan,” kata dia.

Ia mengatakan, sesuai dengan hasil pemeriksaan sementara, permen stik aneka buah itu tidak mengandung bahan-bahan narkoba yang berbahaya. Meski begitu, pihaknya tetap membawa sampel permen tersebut untuk diserahkan ke Labkesda dan Dinkes Karawang untuk diperiksakan ke BPOM.

“Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui kandungan permen stik itu,” katanya.

Julian menghimbau agar para orang tua dan guru mengawasi anak-anak untuk tidak membeli jajanan makanan atau minuman sembarangan. “Jadi alangkah lebih baiknya lagi, pelajar itu membawa bekal makanan atau minuman dari rumah. Saya kira itu lebih aman,” pungkasnya.

Penulis : Aprie/Ant
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait