Penjualan Hewan Kurban di Barut Meningkat dari Tahun Sebelumnya

oleh -514 views
Ilustrasi hewan kurban (Istimewa)

Muara Teweh, Kalselpos.com – Penjualan hewan kurban baik sapi maupun kambing di sejumlah pedagang di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, meningkat dibanding tahun lalu.

“Tahun lalu saya menjual sapi dan kambing hanya sekitar 50-an ekor, namun tahun ini mencapai seratusan ekor lebih,” kata pedagang hewan kurban Hadi warga Jalan Ronggolawe Muara Teweh, Selasa (21/8/2018).

Menurut dia, hewan kurban yang dijualnya sebagian besar didatangkan dari Jawa Timur dan sebagian milik peternak dari Muara Teweh.

Harga jual sapi tahun ini naik sedikit, tahun lalu berkisar Rp12,5 juta dan kini mencapai Rp13 juta per ekor, bahkan ada yang mencapai Rp25 juta tergantung besar kecilnya ternak sapi, sedangkan kambing dari Rp3,5 juta hingga Rp5 juta per ekor.

“Kami bersyukur permintaan hewan kurban tahun ini meningkat dari sebelumnya,” katanya.

Pedagang hewan kurban lainnya, Rahman, mengakui permintaan sapi dan kambing untuk ibadah kurban tahun ini meningkat dari sebelumnya.

“Sampai menjelang hari H Idul Adha ternak sapi dan kambing yang didatangkannya dari luar daerah dan sejumlah desa ini sudah hampir habis yang jumlahnya mencapai 300-an ekor lebih,” kata dia.