Pemkab Tanbu Upayakan Masyarakat Terlibat Dalam Pembentukan Produk Hukum

oleh -582 views
SOSIALISASI PROYEK PERUBAHAN – Kepala Bagian Hukum Ikhsan Budiman SH MH dan Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum, Bagian Hukum Setda Kabupaten Tanah Bumbu, ketika melaksanakan sosialisasi Aplikasi Siparmas.(Syahriadi)

Batulicin, Kalselpos.com – Tak lama, Pihak Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Bagian Hukum Setda Tanbu, telah mensosialisasikan Aplikasi Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat (Siparmas). Hal itu secara langsung terkoneksi dalam sebuah Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH).

Adapun bentuk dari sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Rapat Kantor Bupati Tanah Bumbu tersebut, secara langsung dibuka oleh Kepala Bagian Hukum, Ikhsan Budiman, SH MM dan dihadiri oleh SKPD Lingkup Pemkab Tanbu.

Erli Yuli Susanti SH MH, selaku Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum pada Bagian Hukum Setda yang juga selaku inovator dari Inovasi Siparmas, kepada Kalselpos.com mengatakan, bahwa Siparmas bertujuan untuk memberikan akses kemudahan kepada masyarakat Kabupaten Tanbu

“Hal itu bertujuan supaya masyarakat dapat mengerti dan bisa memberikan partisipasinya berupa saran maupun kritik. Tentunya yang bersifat membangun dalam pembentukan produk-produk hukum daerah,” katanya, Kamis (23/8).

Dengan melalui aplikasi ini, jelasnya, Bagian Hukum bisa menjembatani SKPD pemrakarsa produk hukum daerah. Supaya bisa berfungsi mendapatkan partisipasi masyarakat, terhadap rancangan produk hukum daerah yang diajukan oleh pihak pihak SKPD di Tanbu.

“Tentunya dari hasil partisipasi masyarakat tersebut, secara otomatis akan disampaikan kepada SKPD pemrakarsa pada saat pembahasan rancangan produk hukum daerah, yang dilaksanakan bersama-sama dengan SKPD terkait, dengan harapan bisa bersinergis,” ujarnya Erli Yuli Susanti SH MH menjelaskan.

Hal itu, lanjutnya, supaya bisa dapat memberikan partisipasinya, baik masyarakat dapat mendownload aplikasi Siparmas via playstore melalui android dan memberikan sistem keterbukaan.

Facebook Comments