Pemasangan Pipa A Yani – Tower Dilaksanakan 2019

Ilustrasi pemasangan pipa PDAM. (Istimewa)

Banjarmasin, Kalselpos.com – Proyek peremajaan pipa besar PDAM dari Jalan A Yani Km 2 sampai Tower Sutoyo S yang sempat tertunda seyogyanya bisa dikerjakan pada tahun 2017 lalu, tetap akan dilanjutkan untuk sampai pada progresnya pada tahun 2019 nanti.

“Penggantian pipa ini sempat tertunda, namun 2019 progresnya akan diupayakan dilaksanakan,” ujar Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Yudha Ahmadi kepada Kalselpos.com belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, memang proyek pemasangan pipa ini harus dilakukan karena kondisi umur pipa dan kualitas pipa yang tertanam saat ini sudah mulai lapuk, sehingga peremajaan pipa mutlak dilaksanakan. Namun tertundanya progresnya disebabkan ada permasalahan perizinan dan teknis pekerjaan yang memerlukan perencanaan yang betul-betul matang.

“Peremajaan pipa ini harus dilaksanakan karena kondisi pipa sekarang rentan pecah jika ada medan berat,” ungkapnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Saat ini sambung mantan direktur teknik ini, pihaknya sudah mengalokasikan pagu anggaran 10 sampai 20 miliar, dimana biaya tersebut murni anggaran pemasangan pipa saja, sementara untuk penyediaan pipa sudah ada dan siap dipasang.

“Anggaran sebesar itu hanya untuk anggaran pemasangan saja, sementara pipa sudah ada,” terangnya

Menurutnya, untuk memuluskan pekerjaan pemasangan pipa distribusi baru ini masih terhambat pada perizinan, apalagi jalan yang akan dibongkar nantinya merupakan jalan nasional. Jadi memang proses perizinan dari pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat masih belum dilakukan termasuk persiapan anggaran juga masih menjadi kendala.

“Ada dua kendala,yaitu anggaran dan perizinan pembongkaran jalan,” tutup Yudha.

Penulis : M Sidik
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Pos terkait