PAW Menunggu Usulan Parpol

oleh -986 views
MENUNGGU - Ketua KPU HSS, Nida Guslaili Rahmadina mengatakan PAW anggota legislatif menunggu usulan parpol.(Sofan)

Kandangan, Kalselpos.com – Pendafataran bakal calon legislatif (bacaleg) sudah berakhir pada 17 Juli 2018 lalu. Dari 16 partai politik (parpol) yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), telah mendaftarkan bacalegnya untuk berkompetisi di Pemilu 2019 mendatang.

Saat ini, tahapan Pemilu sudah memasuki masa tanggapan masyarakat, terhadap Daftar Calon Sementara (DCS), yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten HSS.

Dari sederetan nama bacaleg yang diumumkan KPU tersebut, ada dua anggota DPRD HSS yang hengkang dari partainya dan pindah ke parpol yang baru.

Dua nama yang hengkang dari parpolnya tersebut, yakni Rahman Abdi dari Partai Hanura dan Haidir Sani dari PKPI keduanya pindah ke partai Nasdem.

Ketua KPU Kabupaten HSS, Nida Guslaili Rahmadina, Minggu (19/8), mengatakan, sesuai dengan PKPU nomor 20 tahun 2018, tentang persyaratan pencalonan.

Dalam pasal 7 persyaratan calon, anggota DPRD yang pindah parpol dan mencalon, harus mengundurkan diri, yang diajukan kepada pimpinan parpolnya. ” Jadi, syarat-syarat tersebut harus dipenuhi, sehingga bisa mendaftar sebagai bakal calon,” ujarnya.

Nah, untuk tahapan selanjutnya, ada lagi syarat yang harus dipenuhi, agar bisa masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT), yakni menyerahkan SK pemberhentian sebagai anggota legislatif.

Sementara itu, terkait dua anggota DPRD HSS mencaleg pindah parpol, kata Nida, pihaknya akan menunggu parpol yang bersangkutan, mengusulkan untuk Penggantian Antar Waktu (PAW) melalui DPRD yang diteruskan ke KPU. “Jadi, untuk PAW kita masih menunggu usulan dari partai politik. Jika sudah ada kita akan proses sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD HSS, Akhmad Fahmi, mengatakan, hingga sampai saat ini belum ada usulan dari partai politik yang bersangkutan untuk PAW.

Namun, jika nanti ada maka akan diproses dan disampaikan kepada pihak KPU. “Jika ada usulan parpol PAW kadernya, kita akan proses sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Aprie
Penanggung Jawab : S. A. Lingga.

Teks Poto :