Nah Lho… Tumpukan Sampah Sempat Tutup Jalur Sungai di Pasar Lama

oleh -1.147 views
SAMPAH - Tumpukan sampah limbah rumah tangga, menutupi anak sungai di dekat Jembatan Pasar Lama.(Istimewa)

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10217530218269911&id=1310530576

 

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10217530218269911&id=1310530576"

Banjarmasin, Kalselpos.com – Kesadaran warga, khususnya yang tinggal di sekitaran sungai di Banjarmasin, untuk membuang sampah pada tempatnya dinilai kurang. Kebanyakan mereka langsung membuang sampah di sungai.

Sehingga kondisi itu mengakibatkan banyaknya sampah yang menumpuk di alur anak Sungai Martapura. Sehingga merusak pemandangan dan menimbulkan bau busuk yang menyengat.

Tumpukan sampah juga terlihat di dekat Jembatan Pasar Lama. Sampah yang didominasi sampah plastik rumah tangga itu mencemari dan menutup jalur sungai di daerah itu.

Video kondisi sungai di Jembatan Pasar Lama juga beredar di akun facebook milik warga Banjarmasin.

“Hari ini sungai buntu dengan sampah di Jembatan Pasar Lama,” ujar akun facebook atas nama Paman Anum, yang mengunggah video yang menayangkan kondisi Sungai Pasar Lama, Banjarmasin, Minggu (26/8).

Dalam ungahan video itu, terdengar suara yang sepertinya warga yang berdomisili di daerah itu, yang berkata banyak sekali sampah dan menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Video yang mendapatkan 52 like, 30 komentar dan telah tiga kali dibagikan pengguna akun facebook itu telah tayang atau ditonton sebanyak 259 kali. Beragam komentar menghiasi halaman facebook milik Paman Anum yang diunggah sekitar tiga jam yang lalu itu.

“Ini lah potret sungai kita, perilaku/budaya handak nyaman berataan sampah ditimbai ke sungai, kyapa pang lagi utk kada membuang sampah ke sungai…..?????,” kata akun facebook Zany Thaluxs memberikan komentar unggahan video tersebut.

Selain itu, juga ada juga pengguna facebook Jimie Mokhamad Khuzaimi memberikan komentar, jika sungai itu telah dibersihkan dua hari yang lalu, “Itu poto 2 hari lalu..kapal sapu2 telah membersihkan sampah di lokasi ini. Harapanya tidak ada lagi siapapun yang buang sampah ke sungai,” ujarnya memberikan komentar.

Penulis : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga