Nah lho… Akhirnya Spesialis Pencuri Kotak Amal Di “DOR”

oleh -1.750 views

Kotabaru, Kalselpos.com – Satuan Reskrim Polres Kotabaru akhirnya berhasil meringkus pencuri spesialisasi kotak amal di Masjid Al-Jihad yang berlokasi di Kawasan Perumnas Blok D Desa Semayap Kecamatan Pulau Laut Utara, yang bukan hanya sekali namun sudah berkali-kali pada tempat yang sama.

Dikatakan oleh Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto SIK MH yang diwakili Kasat Reskrim AKP Suria Miftah Irawan SH SIK kepada Kalselpos.com bahwa, pelaku berinisial YS yang berdasarkan laporan telah melancarkan aksinya sudah beberapa kali, terkhusus untuk pencurian kotak amal kurang lebih sudah enam hingga tujuh kali, dan pada bulan Juli 2018 lalu menjadi aksi terakhirnya mencuri di lokasi tersebut sebelum akhirnya diringkus oleh Satuan Reskrim Polres Kotabaru.

“Kalau melihat dari kartu identitas diri yang ia bawa, pelaku beralamatkan dari Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur, dan ketika ditangkap barang bukti yang diamankan berupa uang sebesar Rp5.534.000,” tuturnya menerangkan.

Ia menyayangkan, pada saat akan di tangkap tersangka pura-pura gila dan melawan petugas. Karenanya, terpaksa harus dilumpuhkan dengan timah panas pada bagian kaki sebelah kanan dan setelah dimintai keterangan pelaku mengaku tidak ingat berapa total uang yang diambilnya.

“Menurut pengakuannya, setelah mencuri ia menggunakan uang dari kotak amal tersebut untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya pula, pada bulan Oktober 2017 lalu, tersangka juga pernah melakukan pencurian di kediaman H Tibo Dengi yang ada di Kawasan jalan Veteran Gang Rahayu Desa Dirgahayu, dengan cara merusak dinding rumah pada bagian belakang hingga akhirnya berhasil menggondol sebagian uang milik korban, yang diperkirakan kerugian yang dicapai kurang lebih mencapai Rp11 juta.

“Dari hasil pencurian itu, kami mengamankan barang bukti berupa satu buah serpihan kalsiboard bekas congkelan dan tiga buah dompet, dan untuk sekarang pelaku masih berada di Rutan Mapolres Kotabaru guna mendapatkan pemeriksaan lanjutan,” pungkasnya.

Penulis : Fauji R

Editor : Aprie

Penanggungjawab : S. A. Lingga