Meski Tidak Pekat, Kabut Asap Mulai Terlihat di Banjarmasin

oleh -942 views
MULAI BERKABUT - Meski tidak terlalu tebal, kabut asap tipis mulai menyelimuti Kota Banjarmasin tepatnya di Jalan A Yani KM 4,300. (Anas Aliando)

Banjarmasin, Kalselpos.com – Kabut asap sudah mulai “sambangi” Kota Banjarmasin. Kendati tidak begitu pekat, namun kabut asap sudah mengganggu pandangan dan bikin mata perih.

Bahkan beberapa pengendara roda dua ada yang memakai masker. Kabut asap hampir menyeluruh tersebar di kota yang berjuluk kota seribu sungai ini. “Sudah dua hari, kabut asap menyelimuti Banjarmasin, meski tidak terlalu pekat namun sudah mengganggu pandangan dan bernafas tidak lega lagi,” ujar Salasiah warga Jalan Ahmad Yani KM 4 kepada Kalselpos.com, Sabtu (25/8).

Salasiah mengaku khawatir jika kebakaran hutan dan lahan di wilayah pinggiran Banjarmasin dan sekitarnya semakin parah, maka kabut asap akan semakin pekat. “Semoga pihak petugas pemadam bisa memadamkan kebakaran lahan dan hutan, sehingga kabut asap pekat seperti dua tahun lalu tidak terulang,” harapnya.

Junaidi, warga Jalan Pramuka Banjarmasin Timur juga berharap kabut asap tidak separah dua tahun lalu. Dimana pada saat itu kebakaran hutan dan lahan begitu sporadis dan berdampak buruk bagi kesehatan. “Semoga tidak ada lagi kebakaran hutan dan lahan yang bisa mengakibatkan kabut asap pekat yang mengganggu pandangan dan berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi saya punya anak balita,” ujarnya.

Memang di wilayah kota Banjarmasin belum ada laporan terbakarnya lahan. Yang baru terjadi adalah kebakaran lahan di wilayah sekitar kota Banjarmasin seperti di Handil Bhakti Kabupaten Barito Kuala. Kemudian kebakaran lahan juga terjadi di kecamatan Gambut dan Kertak Hanyar.

Pantauan Kalselpos.com di sekitar bandara Syamsudin Noor Banjarbaru Sabtu siang, kabut asap tipis sudah mulai terlihat di kawasan tersebut. Kepulan asap terlihat di kawasan belakang bandara yang masih dalam tahap perluasan. “Asap itu berasal dari lahan yang terbakar tidak terlalu jauh dari kawasan bandara,” ujar Raihan yang tinggal di Jalan Kasturi Landasan Ulin kepada Kalsel Pos.

Penulis : Anas Aliando
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga