Kasi Intel : TP4D Banjarmasin Saat Ini Aktif Kontrol Proyek SKPD Pemko Banjarmasin

oleh -603 views

Kasi Intel Kejari Banjarmasin, sekaligus Ketua TP4D Harwanto SH

Banjarmasin, Kalselpos.com – Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan dan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarmasin pelototi SKPD yang melaksanakan proyek pembangunan. Dinas itu terdiri dari Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, dan Dinas Kesehatan, Dinas LH, dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Dan Tenaga kerja.

Kasi Intelijen Kejari Banjarmasin sekaligus ketua TP4D Harwanto, SH mengatakan bahwa keterlibatan pengawasan dan pengawalan TP4D Banjarmasin terhadap pembangunan fisik yang sedang dilakukan SKPD, sejatinya tergantung permintaan‎.

“Bila ada permohonan, TP4D siap melakukan pengawalan, Intinya TP4D siap mengawal pembangunan di Banjarmasin,” ujar harwanto kepada Kalselpos.com diruang kerjanya, Kamis (16/8).

Menurut mantan Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara di Kejaksaan Negeri Tapin itu, Pendampingan yang dilakukan TP4D tersebut akan menguntungkan dinas terkait. Karena mulai sistem perencanaan hingga finalisasi kegiatan semua dipantau, sehingga potensi merugikan negara bisa diantisipasi atau dilakukan pencegahan.

“Kita awasi dan kawal, karena itu sistem regulasinya sampai sistem pelaksanaannya dan kita juga menyarankan agar Dinas yang lain mengajukan permohonan bila membutuhkan pendampingan dari TP4D Banjarmasin,” tuturnya.

Item proyek tersebut beragam, mulai dari pengerjaan jalan, trotoar, serta pembangunan lain yang stakeholder nya berada di Dinas lingkup Pemko Banjarmasin. “Saya tidak hapal rincian dan nama proyeknya, yang pasti nilainya totalnya Rp 160 miliar lebih,” jelas Herawanto.

Adapun, TP4D Kejari Banjarmasin terdiri dari Bidang Intelijen, Bidang Pidana Khusus (Pidsus) dan Pidana Umum (Pidum). Herawanto mengaku, semua proyek yang mendapat pendampingan TP4D saat ini dinilai berjalan sesuai ketentuan yang berlaku. Namun, jika nantinya tetap ditemui kecurangan, tetap akan ditindak.

Penulis : Eddy AY

Editor : Aprie

Penanggungjawab : S. A. Lingga