Horee… Enam Orangutan Dilepasliarkan di Hutan Kehje Sewen

oleh -641 views
Ilustrasi Orangutan yang dilepasliarkan.(Istimewa)

Balikpapan, Kalselpos.com – Perayaan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia ditandai Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) dengan melepasliarkan enam orang utan (Pongo pygmaeus) ke Hutan Kehje Sewen, Kutai Timur.

“Hikmah kemerdekaan ini juga berlaku untuk satwa, apalagi orangutan adalah satwa yang dilindungi negara,” kata Chief Executive Officer (CEO) BOSF Dr Jamartin Sihite di Balikpapan Senin (27/8).

Ia mengatakan hingga saat ini sudah ada 97 individu orangutan yang dilepasliarkan BOSF di Kehje Sewen. Orangutan-orangutan tersebut berasal dari 19 kali pelepasliaran sejak 2012.

Mereka, sebelumnya menjalani masa bertahun-tahun untuk belajar menjadi orangutan liar di Pusat Reintroduksi di Samboja Lestari, 47 km utara Balikpapan.

Sihite kembali mengulang tentang pentingnya melestarikan orangutan. Ia menjelaskan bahwa orang utan satwa yang berperan penting dalam ekosistem hutan.

Orang utan adalah spesies yang pergerakan dan penjelajahannya ke sudut-sudut hutan membuat keanekaragaman hayati hutan berikut regenerasinya terjaga.