Enam Drum Zat Kimia Berbahaya Jenis Sianida Berhasil Diamankan

oleh -715 views
ZAT KIMIA BERBAHAYA - Barang bukti zat kimia berbahaya jenis Sianida yang diamankan. (Istimewa)

Bolmong, Kalselpos.com – Zat kimia berbahaya jenis Sianida dari Provinsi Gorontalo, berhasil diamankan Tim Tambor Polres Bolaang Mongondow, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan.

Enam drum sianida diduga milik Ko’sam ini, diamankan Tim gabungan dalam Operasi Cipta Kondisi (Cipkon), di jalan Amurang Kotamobagu Domuga (AKD), tepatnya di simpang tiga Desa Tungoi, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong, Sabtu (25/8/2018).

Tim gabungan yang dipimpin Kasat Sabhara Polres Bolmong, AKP Suprijadi, mengatakan, pihaknya menemukan zat kimia berbahaya itu di dalam salah satu mobil Avanza dari arah Dumoga menuju Kotamobagu.

Menurut Suprijadi, Sianida ini dibawah dari Provinsi Gorontalo, kemudian melintas hendak melewati Kabupaten Bolsel menuju Kotamobagu tanpa dilengkapi dengan dokumen resmi. “Pengiriman dari Gorontalo, karena tanpa dilengkapi dengan dokumen resmi, sopir dan mobil serta barang bukti ini kami tahan dan akan diamankan di Polres Bolmong,” kata Suprijadi.

Saat ini, lanjut Suprijadi barang bukti sianida, mobil, beserta supir sudah diamankan di Polres Bolmong. “Pemilik nama samaran Ko’sam. Pengiriman asal dari Gorontalo dengan menggunakan mobil andalas, dengan biaya pengiriman Rp800 ribu,” jelasnya.

Belakangan diketahui, Tidak hanya sianida, yang berhasil diamankan tim gabungan dalam operasi menjelang pengucapan syukur di wilayah Dumoga ini. Saat itu, Tim gabungan juga berhasil menyita dan mengamankan beberapa benda tajam dan puluhan botol minuman keras (Miras) berbagai jenis di dalam beberapa mobil yang melintas.

Penulis : Rafa Paputungan
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga