Ada Pagelaran Kuda Lumping di Tamban Dalam Perayaan HUT RI Ke-73

oleh -931 views

KUDA LUMPING – Pagelaran Kuda Lumping meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Rebuplik Indonesia (RI) di Lapangan Sepak Bola Karya Kita, di kilometer enam Desa Purwosari I, Kecamatan Tamban. (Muliadi)

Marabahan, Kalselpos.com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 sangat meriah dirayakan di lapangan sepak bola Karya Kita, tepatnya di kilometer enam di Desa Purwosari I, Kecamatan Tamban, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Terlihat Berbeda dengan desa-desa atau di perkotaan lainya, hampir tiap RT di desa, kelurahan ada kegiatan perayaan HUT RI tepat pada tanggal 17 Agustus.

Tiap RT pasti ada lomba tradisional mulai dari lomba makan kerupuk, lompat karung, pecah balon air dan sebagainya.

Kali ini warga Kecamatan Tamban terlihat berbeda, karena perayaanya pagelaran kuda lumping di lapangan sepak bola kilometer enam Tamban.

Kepala Desa Purwosari Baru Sujinal mengatakan, ingin berbeda dengan desa lain perayaan HUT RI kali ini.

“Saya ingin menghibur masyarakat perayaan HUT RI dengan pagelaran Kuda lumping, sehingga ada nilai seninya,” tutur Sujinal kepada Kalselpos.com, Jumat (17/8).

Setelah ini, lanjut Sujinal acara puncak dilaksanakan pada, Sabtu  (18/8). Kegiatan seni ini ada di Desa Purwosari, lanjut Sujinal, berbagai kegiatan seni dilaksanakan, dan termasuk juga kegiatan keagamaan seperti Maulid Habsyi.

“Saya ingin menghibur warga dengan melaksanakan kegiatan seni tradisional, untuk menciptakan kreativitas warga, sehingga dari segi positifnya masyarakat dan para pemuda terhindar dari penyalahgunaan Narkoba,” tukasnya.

Penulis : Muliadi
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga