Presiden Lepas Pasukan Perdamaian Indonesia ke Kongo-Lebanon

Sentul, Kalselpos.com – Presiden Joko Widodo melepas kontingen Garuda yang menjadi pasukan perdamaian Indonesia ke Kongo dan Lebanon.

“Hari ini Indonesia berbangga bukan hanya bangga karena prestasi atlet kita di Asian Games, bukan hanya bangga atas 30 medali emas yang mereka raih sampai hari ini tapi Indonesia juga bangga akan melepas kontingen Garuda untuk misi perdamaian, bangga untuk misi perdamaian di Republik Demokratik Kongo dan Lebanon,” kata Presiden Joko Widodo di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI) Sentul,Bogor, Jumat.

Bacaan Lainnya

Dua pasukan yang diberangkatkan adalah Satuan Tugas (Satgas) Rapid Deployment Battalion (RDB) Kontingen Garuda XXXIX-A Kongo dalam misi MONUSCO (The United Nations Organization Stabilization Mission In the Democratic Republic of the Congo) yang terdiri atas 850 personel TNI termasuk 22 personel perempuan).

Pasukan tersebut berasal Angkatan Darat (644), Angkatan Laut (135) dan Angkatan Udara (71) yang diberangkatkan menggunakan pesawat.

Selanjutnya ada satuan tugas Marine Task Force (MTF) untuk United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), kontingen Garuda XXVIII-K Lebanon berjumlah 120 personel TNI AL. Mereka akan berangkat menggunakan KRI Sultan Hasanuddin yang bertugas di Laut Mediterania, menggantikan 120 personel sebelumnya.

“Hari ini Indonesia bangga turut menjaga perdamaian dan ketertiban dunia yang itu adalah amanat konstitusi kita sebagai wujud kontribusi Indonesia untuk dunia yang sekaligus kita ingin mengharumkan nama baik bangsa dan negara,” tambah Presiden.

Menurut Presiden, kontingen Garuda telah ikut dalam pasukan perdamaian PBB di Sinai sejak 1957, hanya sejak 1 dekade sejak kemerdekaan Indonesia. Sejak 1957, Indonesia telah mengirimkan lebih 38 ribu pasukan perdamaian PBB.

Pos terkait