KKP Kembangkan Kotim Jadi Sentra Patin Nasional

Jakarta, Kalselpos.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), bertekad mengembangkan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah, sebagai sentra ikan patin nasional dengan pengelolaan yang bertanggung jawab, berkelanjutan, serta ramah lingkungan.

“Kotim layak menjadi sentra ikan patin nasional,” kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (31/8).

Bacaan Lainnya

Menurut Slamet Soebjakto, selain memiliki potensi besar, kabupaten itu juga dinilai telah menerapkan budidaya ikan berbasis kawasan yang bertanggung jawab dan menerapkan prinsip ramah lingkungan.

Slamet telah melakukan panen raya ikan patin di Kelompok Maju Bersama, Desa Bapeang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kamis (30/8/2018).

Desa Bapeang tersebut juga ditetapkan sebagai salah satu kawasan pengembangan ikan Patin, terdapat lebih dari 220 kolam di mana sebanyak 45 kolam di antaranya sudah siap dipanen, setidaknya sebanyak 40 ton.

Sedangkan untuk pengelolaan dan penataan kawasan tersebut lebih lanjut, KKP pada tahun 2019 yang akan datang juga berupaya akan mengupayakan bantuan alat berat eskavator.

Pos terkait