Posyandu Wujudkan Mandiri Kesehatan di Masyarakat

KUNJUNGAN: Bupati Barito Utara, H Nadalsyah bersama istri saat mengunjungi salah satu posyandu. (Asli)

Muara Teweh, Kalselpos.com – Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat. Dalam penyelengaraannnya, pembangunan kesehatan berguna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat desa dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan dasar yang utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah saat memberikan sambutan pada penilaian lomba Posyandu tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2018 di Desa Rimba Sari Kecamatan Teweh Tengah, Selasa (28/8).

Bacaan Lainnya

“Ini perlu diupayakan dan diperjuangkan serta ditingkatkan oleh setiap individu dan oleh seluruh komponen bangsa, agar masyarakat dapat menikmati hidup sehat dan pada akhirnya dapat mewujudkan derajad kesehatan masyarakat yang optimal,” ujarnya.

Orang no satu di Kabupaten Barito Utara ini juga menyampaikan, bahwa kesehatan bukanlah tanggung jawab pemerintah saja, namun merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat termasuk swasta. Sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas merupakan modal utama atau investasi dalam pembangunan kesehatan. Kesehatan bersama-sama dengan pendidikan dan ekonomi merupakan tiga pilar yang sangat mempengaruhi kualitas hidup sumber daya manusia.

Pos terkait