Empat DCS Pemilu 2019 Ditanggapi Masyarakat

BACALEG - Ketua KPU Kabupaten HSS, Nida Guslaili Rahmadina, daftar calon sementara Pemilu 2019 sudah ditanggapi masyarakat (Sofan)

Kandangan, kalselpos.com – Daftar Calon Sementara (DCT) peserta Pemilu 2019, yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), pada 12 Agustus 2018 tadi mendapat tanggapan dari masyarakat. “Sampai saat ini, ada empat bakal calon legislatif (bacaleg) dari tiga partai politik (parpol) yang ditanggapi oleh masyarakat,” ujar Ketua KPU Kabupaten HSS, Nida Guslaili Rahmadina, Senin (27/8).

Menurut Nida, tanggapan yang masuk disampaikan oleh masyarakat tersebut, melalui surat yang disampaikan langsung ke KPU. “Sesuai dengan mekanisme tanggapan memang harus disampaikan melalui surat,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, tanggapan yang masuk akan ditindak lanjuti dengan menyurati pihak parpol, untuk datang ke KPU memberikan klarifikasi terkait DCS yang ditanggapi oleh masyarakat tersebut.

Namun, klarifikasi DCS bacaleg peserta Pemilu 2019, akan dilakukan mulai 29 sampai 31 Agustus 2018 mendatang. “Sesuai dengan tahapan Pemilu 2018, klarifikasi DCS baru bisa dilakukan 29 sampai 31 Agustus nanti,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam tahapan klarifikasi nanti, pihak parpol akan menjelaskan kepada pihak KPU, terkait dengan tanggapan masyarakat, terhadap kader yang mereka calonkan.

Ia mengatakan, hasil klarifikasi nanti akan menentukan apakah kadernya yang masuk DCS akan bisa masuk ke tahapan selanjutnya, untuk ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT). “Jadi, hasil klarifikasi akan menentukan untuk menetapkan dari DCS ke DCT,” tandasnya.

Sekedar diketahui, bacaleg yang lolos masuk DCS yang diumumkan oleh KPU Kabupaten HSS, sebanyak 296, terdiri PKB 23, Gerindra 22, PDI-P 22, Golkar 30, Nasdem 30, Garuda 6, Berkarya 15, PKS 30, Perindo 14, PPP 23, PSI  8, PAN 22, Hanura 1, Demokrat 21, PBB 22 dan PKPI 7 orang.

Penulis : Sofan
Editor : Aprie
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pos terkait