Waduh… Sejumlah Anak Sungai Martapura Bertumpuk Sampah

  • Whatsapp

Banjarmasin, Kalselpos.com – Sungai Antasan yang merupakan anak Sungai Martapura sudah hampir seminggu ini dihiasi sampah. Sampah plastik dan potongan kayu terlihat mengapung di sungai yang terhubung dengan Sungai Kuin tersebut.

“Hampir satu minggu ini sampah banyak sekali di sungai, mungkin debit air surut  disebabkan musim kemarau,” ujar Zulkifli, salah seorang warga Antasan Kecil Timur kepada Kalselpos.com, Jumat (24/8).

Bacaan Lainnya

 

SAMPAH – Tumpukan sampah di Sungai Antasan selain mengganggu pemandangan sampah juga menyebarkan bau busuk, foto diambil Jumat 24 Agustus 2018 pukul 11.00 WITA. (Anas Aliando)

 

Selain menyebabkan pemandangan menjadi kurang indah, sampah juga menyebarkan aroma yang tidak sedap. “Sampahnya berbau, saya menciumnya pada mau muntah,” ujar Isnawati warga Kayutangi yang kebetulan lewat disitu mau berbelanja ke Pasar Lama.

Hal ini juga disayangkan Eliyanti, salah seorang mahasiswi ULM. Menurutnya, pemko atau dinas yang terkait seharusnya cepat tanggap dengan segera membersihkan sampah yang ada di sungai tersebut.

“Apalagi tumpukan sampah berada di bawah Jembatan Antasan yang tentu dilewati banyak orang. Kalau dibiarkan kesannya sungai kita jorok. Apalagi pemerintah kota selama ini dengan mantap menyebut Banjarmasin sebagai kota sungai terindah di Indonesia, namun kenyataannya seperti ini, malu kita,” ujarnya.

Penulis : Anas Aliando
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Tinggalkan Balasan