Pemkab Batola Berkomitmen Buah-Buahan Lokal Berjaya di Pasar Nasional

  • Whatsapp

Marabahan, Kalselpos.com – Masyarakat begitu antusias menyaksikan kontes buah nanas yang dilaksanakan di Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Menariknya 3.800 nanas jenis tamban disusun menyerupai bentuk tumpeng raksasa di halaman Kantor Kecamatan Mekarsari.

Bacaan Lainnya

Setelah acara usai, panitia mempersilahkan warga mengambil nanas di tumpeng nanas raksasa itu. Meskipun masyarakat diperbolehkan mengambil buah nanas, namun sempat terjadi aksi dorong, saling berebutan untuk mendapatkan nanas secara gratis tersebut.

Kegiatan tersebut, dihadiri Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, ia mengharapkan, festival ini selain memberi hiburan juga dapat mengangkat pamor buah lokal nanas agar semakin populer dan semakin disukai masyarakat luar.

“Semoga festival ini menjadi etalase berbagai produk pertanian unggulan kita, khususnya nanas yang selama ini dikembangkan sekaligus menjadi ajang edukasi dan sharing berbagai permasalahan perkebunan,” harapnya.

Selain itu, lanjut Noormiliyani, Pemkab Batola berkomitmen untuk mendorong produksi buah-buahan lokal agar meningkat dan berjaya di pasar nasional.

Dalam kegiatan tersebut Camat Mekarsari Mochammad Azis S Sos mengungkapkan, memang Kecamatan Mekarsari Selain padi juga memiliki potensi buah nanas yang cukup dikenal di Kalsel, khususnya Kabupaten Batola.

Di antara nanas yang mereka budidayakan, lanjutnya, seperti nanas madu, queen, semut kayen, namun jenis yang paling menjadi unggulan jenis madu yang mempunyai berat hingga dua kilogram per biji.

Tujuan festival Nanas ini, lanjut Azis, yaitu bertujuan selain sebagai ajang promosi bahwa wilayahnya merupakan merupakan sentra pertanian nanas dan wisata petik nanas sekaligus untuk meningkatkan kreativitas terhadap produk olahan berbahan nanas.

“Selain padi dan tanaman lainnya, wilayah Kecamatan Mekarsari ini masyarakatnya membudidayakan beberapa jenis nanas,” ujar Camat Mekarsari kepada Kalselpos.com, Senin (20/8/2018).

Penulis : Muliadi
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.