Calon Kades Harus Siapkan Fisik dan Mental

Pj Bupati Tapin H Gt Syahyar memberikan arahan kepada calon kepala desa se kabupaten Tapin yang mengikuti pemilihan kepala desa serentak. (Dillah)

Rantau, Kalselpos.com – 131 Calon Kepala Desa Se Kabupaten Tapin mengikuti pemilihan kepala desa serentak gelombang kedua melakukan deklarasi kesepakatan damai. Selasa (20/8) kemarin bertempat Pendopo Balahendang Rantau.

Deklarasi kesepakatan damai disaksikan langsung oleh Penjabat Bupati Tapin H Gt Syahyar, Dandim 1010 Rantau Letkol (Inf) Jumadal Aulia, Wakapolres Tapin Kompol Deddy Siregar, Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Tapin Yumanto dan para Camat, Danramil serta Kapolsek se-Kabupaten Tapin.

Bacaan Lainnya

Penjabat Bupati Tapin H Gt Syahyar dalam arahannya menyampaikan, untuk para calon kepala desa siap bertarung dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, harus mempersiapkan fisik dan mental.

“Kepada calon kepala desa mengikuti pemilihan kepala desa agar siap dari segi mental dan fisik, ” tegasnya.

Karena sebagai pemimpin harus menyiapkan diri, berperilaku sebagai pemimpin di desa dan selalu sehat wal afiat dan siap menang dan kalah.

Selanjutnya pada saat kampanye berlangsung jangan menjelekkan dari calon lain, tetapi bersaing program untuk kemajuan desa masing-masing.

“Bekali diri sebagai kepala desa dengan pengetahuan khususnya terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan desa dan berinovasi agar desa maju dan berkembang, ” katanya.

Mulai dari sekarang para calon kepala desa siapkan diri sampaikan program kerja yang baik, inovasi apa yang disampaikan kepada masyarakat di desa dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti warga masyarakat.

Terakhir dia berharap, agar dalam penyelenggaraan pemilihan kepala desa di 39 desa se-Kabupaten Tapin pada hari pemungutan dan sampai terpilih kepala desa berjalan aman dan damai.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tapin Yumanto menyatakan, semua kesiapan pilkades serentak sudah berjalan 100 persen tinggal hari pemungutan suara pada tanggal 28 Agustus 2018 mendatang.

“Hari ini sebanyak 131 calon kepala desa dikumpulkan untuk menyatakan komitmen dalam deklarasi damai pemilihan kepala desa serentak,” katanya.

Selanjutnya, selama tiga hari mulai dari sekarang para calon kepala desa melaksanakan kampanye di desa masing-masing menyelenggarakan pilkades.

Kemudian untuk kotak suara disiapkan sebanyak 48 buah dan bilik suara 106 buah.

“Mudah-mudahan pada pemungutan suara nanti, sampai ditetapkannya kepala desa terpilih semua berjalan aman dan damai,” tandasnya.

Penulis : Dillah
Editor : Aprie
Penanggungjawab : S. A. Lingga

Pos terkait