Selamat Datang Di Website Resmi Kalsel Pos

Wartawan Belajar Menganalisa Saham

Wartawan Belajar Menganalisa Saham

 

BANJARMASIN, K.Pos Online – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Banjarmasin menggelar workshop bagi para wartawan ekonomi, Shopping Race dan Talkshow bertema “Belanja produk emiten, beli juga sahamnya”.
Head of Representative Office – Banjarmasin, Yuniar mengatakan, acara ini akan digelar tiap tahun. Saat ini tempat acara memang dibuat berbeda, namun tetap tidak terlepas dari tema.
“Biasanya kan dilaksanakan di hotel atau restoran, untuk ngobrol. Kami berharap bisa berbagi informasi dan bertukar pikiran dengan rekan-rekan wartawan ekonomi tentang saham dan sekaligus membentuk komunitas wartawan saham di wilayah Kalimantan Selatan,” jelasnya, Kamis (12/10), di Banjarmasin.
Menurutnya, acara dilaksanakan rutin minimal satu tahun satu kali. Rencananya, akhir tahun akan diundang seorang analis untuk pembekalan kepada wartawan. Nanti akan ada kelas untuk wartawan, belajar menganalisa saham,” ujar Yuniar
Di tempat yang sama, Kabag Pengawasan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Selatan, Ali Ridwan menjelaskan tentang maraknya investasi bodong saat ini, karena masyarakat belum semuanya mengerti produk investasi di dalam negeri.
“Kurangnya sosialisasi berdampak terhadap menjamurnya pelaku investasi bodong. Edukasi yang minim juga tidak memberitahukan risiko dan bahaya investasi tersebut,” tuturnya.
Untuk meningkatkan perlindungan konsumen, lanjut Ali, serta kepercayaan masyarakat kepada industry keuangan, OJK perlu melakukan tindakan preventif, kuratif ataupun represif melalui pembentukan satgas waspada investasi.
Menurutnya, keanggotaan satgas waspada investasi pusat meliputi Kepolisian RI, Kejaksaan RI, BKPM, OJK, Kemendagri, Kementrian Koperasi dan UKM RI, Kementrian Komunikasi dan Informatika RI.
“Sedangkan sekretariat satgas waspada investasi pusat berkedudukan di OJK Pusat. Tujuan satgas waspada investasi adalah meningkatkan kesadaran dan perlindungan kepada masyarakat terhadap potensi kerugian yang diakibatkan penawaran penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi oleh Pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.
Melakukan pencegahan dan penanganan dugaan tindakan melawan hukum di bidang penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi secara terkoodinasi dan terpadu oleh Kementerian atau Lembaga dan atau instansi terkait lainnya. (awi)

Penulis : Wulan
Editor : Atiet Wulandari
Penanggungjawab : Lingga

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply