Selamat Datang Di Website Resmi Kalsel Pos

Pencanangan Kampung KB Dilaksanakan Di Senakin Seberang

Pencanangan Kampung KB Dilaksanakan Di Senakin Seberang

 

 

KOTABARU, K.Pos Online – Pencanangan Kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Kotabaru terus di lakukan.

Kali ini pencanangan Kampung KB Tingkat Desa dilaksanakan di Desa Senakin Seberang, Kecamatan Kelumpang Tengah oleh Bupati Kotabaru, Sayed Jafar Al-Idrus bersama Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar, Selasa (10/10).

Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam rangka menindaklanjuti arahan dari Presiden Republik Indonesia (RI).

Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program Keluarga Berencana (KB).

Dilaporkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Rurien bahwa Desa Senakin Seberang Kecamatan Kelumpang Tengah dipilih sebagai lokasi pencanangan Kampung KB karena telah memenuhi syarat untuk kampung KB dari aspek KB, jumlah Keluarga Sejahtera (KS) 0, KS 1 dan Ks 2 menjadi 138 kepala keluarga, kategori miskin cpr 72.18 persen lebih tinggi dari standar Nasional 66 persen, unmeet need tinggi 21.83 persen sedangkan standar unmett need harus 6.9, kesertaan keluarga untuk ber KB masih rendah yaitu implan 2 PIL 45, suntikan 16, IUD disimpulkan, penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang masih rendah.

Menurut Rurien, Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) senantiasa diarahkan untuk mewujudkan NAWACITA terutama agenda ke 3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan.
“Serta seiring dengan visi Bupati Kotabaru mewujudkan Kabupaten Kotabaru sebagai daerah unggulan dibidang Agrobisnis dan Kepariwisataan serta kemandirian menuju masyarakat yang berkualitas dan sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar Al-Idrus mengatakan, Kampung KB merupakan salah satu bentuk model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah.

“Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh dan langsung di lapangan,” ungkap Sayed.

Menurut Bupati, Pencanangan kampung KB menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan Desa Senakin Seberang menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera.

“Saya meminta kepada seluruh elemen masyarakat agar selalu menjaga dan meningkatkan kampung KB di Desa Senakin ini agar terus bisa berjaya nantinya kedepan,” harap Sayed. (ana)

Penulis : Ana
Editor : Atiet Wulandari
Penanggungjawab : Lingga

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply